Rabu, 21 April 2010

PKPU Dengan Logo Baru


Logo merupakan identitas, sekaligus mengandung ma'na filosofis dari sebuah cita-cita.
Sebuah perusahaan saat meluncurkan sebuah logo selalu diiringi dengan sebuah harapan dan cita-cita. Apalagi pergantian sebuah logo. Biasanya harapan, strategi serta komitmen baru sering kali dicetuskan seiring dengan bergantinya logo. Sejumlah rencana dan tekad baru senantiasa mengiringi.
Lounching sebuah logo beru mengandung pesan untuk masyarakat, agar masyarakat mengetahui ada suatu perubahan di lembaga atau perusahaan pemilik logo tersebut.
PKPU, sebuah lembaga kemanusiaan Nasional Indonesia yang namanya sudah diakui oleh PBB, baru-baru ini mengganti logonya.
Direktur Utama PKPU, Agung Notowiguno menjelaskan, logo baru PKPU tersebut memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam rangka membangun citra PKPU ke depan. Logo baru PKPU tersebut, terdiri dari tiga elemen yang masing−masing menggambarkan keterkaitan antara dermawan (aghniya) dan mustahik, PKPU, baik pusat maupun daerah dan mitra kerja PKPU.
Pihak PKPU menginginkan sebuah nilai penting dalam penggantian logo ini yaitu transparansi, dinamis dan inovatif. ”Hal−hal inilah yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi para dermawan (aghniya) dan muatahik, mitra kerja dan lembaga lainnya. Salah satu cerminan atas komitmen untuk melayani umat jauh lebih baik. Karenanya, PKPU sudah memutuskan untuk mengganti dengan logo baru yang lebih solid dan dinamis,” tekad Agung.

Penguatan Citra
Pada bulan Maret 2010 (iklan Republika, Jumat 26 Maret 2010 halaman 2) PKPU memperkenalkan logo barunya kepada masyarakat luas.
Penggunaan istilah yang di pakai PKPU bukan penggantian logo, namun penguatan citra dari sebuah lembaga yang telah mendapat pengukuhan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) sesuai dengan SK. Menteri Agama RI No 441 tanggal 8 Oktober 2001. Dan terdaftar di PBB dengan status “Special Consultative Status” dari Economic and Social Council (Ecosoc) pada 22 Juli 2008 serta terdaftar sebagai Organisasi Sosial Nasional (ORSOSNAS) melalui SK Mensos RI nomor 08/HUK/2010.
Yang ingin ditegaskan dalam logo baru ini adalah manajemen untuk menampilkan citra sebuah lembaga yang mampu mengelola dana filantropi masyarakat dengan “Lebih Cepat, Lebih Terarah”.
Sehingga tidak aneh bila program utama PKPU untuk memberi kontribusi sepanjang tahun ini dengan program pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengembangan pendidikan, CBDRM, layanan kesehatan, beasiswa, dan kegiatan pembangunan kemandirian umat lainnya.
Harapan dari penggantian logo ini adalah agar dapat membawa perubahan baru, era baru sebagai lembaga yang amanah, profesional dari sisi pengelolaan dan organisasi, memiliki visi untuk menjadi lembaga terpercaya dalam membangun kemandirian serta dalam menebar kepedulian untuk kepentingan umat manusia.

Hapus Kesan Lama
Logo baru pada dasarnya adalah simbolisasi dari visi, misi, cita−cita atau tujuan lembaga. Dengan logo baru ada sesuatu yang baru, baik dalam konsep maupun strategi pencapaian visi dan misi lembaga. Lebih dari itu, melalui pergantian logo diharapkan semangat kerja maupun rasa memiliki karyawan terhadap lembaga bisa lebih ditingkatkan yang merupakan modal besar bagi upaya memajukan lembaga serta memandirikan masyarakat ekonomi menengah bawah.
Akhirnya, PKPU memohon doa dan restu dari kita semua agar PKPU mampu mengelola amanah secara lebih tepat serta mampu memberdayakan umat dengan lebih cepat dan terarah.
Sukses selalu untuk PKPU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar