Selasa, 25 Mei 2010

Al Quds Dalam Al Quran

Tanah Palestina adalah tanah diturunkannya berbagai risalah. Allah subhanahu wata’ala sudah memilihnya sebagai tanah diturunkannya para Nabi, dia adalah tanah kebangkitan - sebagaimana dijelaskan oleh hadist-hadist Rasulullah saw- penj-. Dan sudah cukup menjadi sebuah kebanggaan Al Aqsho ketika terpilih menjadi tempat persinggahan dari perjalanan terbesar kemanusiaan secara keseluruhan, yaitu perjalanan Isro’ dan Mi’roj.

Tanah Yang Diberkahi Dalam Al Quran
Allah Subhanahu wata’ala berfirman:
" وَنَجَّيْنَاهُ وَلُوطًا إِلَى الْأَرْضِ الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا لِلْعَالَمِينَ " ( الأنبياء71 )
Yaitu Allah yang telah menyelamatkan Nabi Ibrahim dan Nabi Luth dengan mengirimkan mereka ke Palestina. Sebelumnya Nabi Ibrahim dan Nabi Luth tinggal di Iraq.
Allah Swt berfirman:
" وَأَوْرَثْنَا الْقَوْمَ الَّذِينَ كَانُواْ يُسْتَضْعَفُونَ مَشَارِقَ الأَرْضِ وَمَغَارِبَهَا الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا " ( الأعراف: ١٣٧)
Yaitu Palestina dan Negeri Syam. Yang di maksud dengan “ Yang diberkahi” di negeri Syam. Syaukany berkata,” Dan yang dimaksud yang diberkahi di dalamnya yaitu dengan menghasilkan tanaman dan buah-buahan dalam kesempurnaan hasil dan manfaat yang optimal.
Ibnu Jarir At Thobary menjelaskan,bahwa yang dimaksud dengan yang diberkahi adalah dijadikannya kebaikan di dalamanya selamanya untuk penduduknya.
Allah juga berfirman:
" وَلِسُلَيْمَانَ الرِّيحَ عَاصِفَةً تَجْرِي بِأَمْرِهِ إِلَى الْأَرْضِ الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا وَكُنَّا بِكُلِّ شَيْءٍ عَالِمِينَ " ( الأنبياء: ٨١ )
Yaitu Al Quds, Palestina dan Negeri Syam.
Allah berfirman:
( وجعلنا بينهم وبين القرى التي باركنا فيها قرى ظاهرة وقدرنا فيها السير سيروا فيها ليالي وأياما أمنين " ( سبأ : 18) .
Yaitu anrata Yaman – tempat tinggal kaum Saba’ – dan Alquds dan perkampungan yang ada di dalamnya.

Allah berfirman:
" سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلاً مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ البَصِيرُ" ( لإسراء: ١ ( .

Allah berfirman:
" أَوْ كَالَّذِي مَرّ َعَلَى قَرْيَةٍ وَهِيَ خَاوِيَةٌ " ( البقرة : ٢٥٩ ) .
Qurthuby menyebutkan bahwa perkampungan yang disebutkan dalam ayat di atas adalah Baitul Maqdis sebagaimana pendapat Wahab bin Munabbih, Qotadah dan lain-lain.

Allah swt. Berfirman:
" حَتَّى إِذَا أَتَوْا عَلَى وَادِي النَّمْلِ قَالَتْ نَمْلَةٌ يَا أَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوامَسَاكِنَكُمْ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَانُ وَجُنُودُهُ وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ " ( النمل: ١٨ ) .
Fachruddin Arroz menyebutkan, bahwa lembah semut adalah lembah yang ada di Syam yang banyak semutnya. Lembah ini terletak berdampingan dengan kota Asqolan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar