Kamis, 11 Maret 2010

SMS berantai, bagaimana pertanggung jawabannya?

Saya baru saja dapat sms berbunyi:


“Info ini dari dr. Sutji M. (Forwarded from 0811-134876) IKATAN DOKTER INDONESIA (IDI): Saat ini sedang ada wabah pengerasan otak atau sumsum tulang belakang. Jangan minum produk: EXTRA JOSS, M-150, KOPI SUSU GELAS, KIRANTI, KRATINGDAENG, HEMAVITON, NEO HORMOVITON, MARIMAS, FRUTILLO, SEGAR SARI, POP ICE, SEGAR DINGIN vit C, OKKY JELLY DRINK, INACO, GATORADE, NABATI, ADEM SARI, NATURADE GOLD, AQUA SPLASH FRUIT, karena mengandung ASPARTAME (lebih keras dari Biang Gula) racun yg menyebabkan”.


Saya tidak tahu kebenarannya. Kalau kita mau berhati-hati dengan makanan dan minuman, sebenarnya banyak sekali makanan yang tidak sehat. Banyak sekali makanan di negeri kita ini yang mengandung perasa, pewarna, pengawet, pemutih dan lain sebagainya sungguh berbahaya bagi kesehatan. Dengan bahasa lain, sulit rasanya mencari makanan yang sehat.
Untuk mengklarifikasi berita ini saya iseng searching di google.com, saya ketikkan dr.sutji +idi, terdapat 174 link yang mengarah ke sana, antara lain:


http://www.law.dnaberita.com/01%20Maret%202010%20Law%20bahaya.php


http://pelangindonesia2009.blogspot.com/2010/03/info-dr-sutji-m-idiikatan-dokter.html


http://wwwmulyono-mulyono.blogspot.com/2010/03/info-inh-dari-dr.html


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3294805


http://www.kompasiana.com/trykusumojati/tag/kanker


http://kesehatan.kompasiana.com/2010/03/11/aspartame-berbahaya


Ada pertanyaan yang mengganjal di hati saya, siapa sih dr. Sutji M ini? Karena penasaran saya lanjutkan searching ke Facebook. Keluar 6 link, namun tidak mengidentifikasikan nama sutji m yang disebutkan di sms.
Ah, kita tidak usah terbawa dengan isu-isu seperti itu, kita mesti sadar, ternyata memang banyak makanan dan minuman yang tidak sehat bahkan mengundang penyakit. Jaga kesehatan anda, tidak usah bergantung dengan sms atau provokasi orang.

1 komentar: