Senin, 07 Desember 2015

Hormati Orang Lain, Niscaya Engkau Jadi Orang Terhormat

"إحترم تحترم".

ﻣﺎ ﺃﻛﺜﺮ ﺍﻟﻘﺮﻭﺩ .. ﻭﺃﻗﻞ ﺍﻷﺳــﻮ  ﺯﻭﺟﺎﻥ ﺫﻫﺒﺎ ﻣﻌﺎ ﺇﻟﻰ ﺣﺪﻳﻘﺔ ﺍﻟﺤﻴﻮﺍﻥ  ﻓﻮﺟﺪﻭﺍ ﺍﻟﻘﺮﺩ ﻳﻠﻌﺐ
ﻣﻊ ﺯﻭﺟﺘﻪ ، ﻓﻘﺎﻟﺖ ﻟﻪ :  " ﻳﺎﻟﻬﺎ ﻣﻦ ﻗﺼﺔ ﺣﺐ ﺭﺍﺋﻌﺔ . ﻭﻋﻨﺪﻣﺎ ﺫﻫﺒﺎ ﺇﻟﻰ ﻗﻔﺺ ﺍﻷﺳﻮﺩ ﻭﺟﺪﺍ ﺍﻷﺳﺪ ﻳﺠﻠﺲ ﺻﺎﻣﺘﺎ ، ﺑﻴﻨﻤﺎ ﺯﻭﺟﺘﻪ ﺗﺒﻌﺪ ﻋﻨﻪ ﻗﻠﻴﻼ
ﻓﻘﺎﻟﺖ ﻟﻪ : "  ﻳﺎﻟﻬﺎ ﻣﻦ ﻗﺼﺔ ﺣﺐ ﻣﺄﺳﺎﻭﻳﺔ. "                                                       ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻬﺎ :  " ﺃﻟﻘﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺰﺟﺎﺟﺔ ﺍﻟﻔﺎﺭﻏﺔ ﺗﺠﺎه ﺯﻭﺟﺘﻪ ﻭﺷﺎﻫﺪﻱ ﻣﺎﺫﺍ ﺳﻴﻔﻌﻞ.
ﻭﻋﻨﺪﻣﺎ ﺃﻟﻘﺘﻬﺎ ﻫﺎﺝ ﺍﻷﺳﺪ ﻭﺻﺎﺡ ﻣﻦ ﺃﺟﻞ  ﺍﻟﺪﻓﺎﻉ ﻋﻦ  ﺯﻭﺟﺘﻪ  !!  ﻭﻋﻨﺪﻣﺎ ﺃﻟﻘﺘﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﻗﻔﺺ ﺍﻟﻘﺮﻭﺩ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻘﺮﺩ  ﺯﻭﺟﺘﻪ ﻫﺎﺭﺑﺎ  ﺣﺘﻰ ﻻ ﺗﺼﻴﺒﻪ ﺍﻟﺰﺟﺎﺟﺔ !!
ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻬﺎ : ﻻ ﺗﻨﺨﺪﻋﻲ ﺑﻤﺎ ﻳﻈﻬﺮﻩ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﻣﺎﻣﻚ!.. ﻓﻬﻨﺎﻙ ﻣﻦ ﻳﺨﺪﻋﻮﻥ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺑﻤﺸﺎﻋﺮﻫﻢ
ﺍﻟﻤﺰﻳﻔﺔ .... ﻭﻫﻨﺎﻙ ﻣﻦ ﻳﺤﺘﻔﻈﻮﻥ ﺑﻤﺸﺎﻋﺮﻫﻢ ﺩﺍﺧﻞ قُلُوب ﺑﺎﻟﺤﺐ  ﻣﻐﻠﻔﺔ

ﺍﻟﻤﺘﺪﻳﻦ : ﻟﻴﺲ ﻓﺎﻗﺪﺍ ﻟﻠﺸﻬﻮﺍﺕ، ﻭﺍﻟﻤﺤﺘﺸﻤﺔ : ﻟﻴﺴﺖ ﺟﺎﻫﻠﺔ ﺑﺎﻟﻤﻮﺿﺔ، ﻭﺍﻟﻜﺮﻳﻢ : ﻟﻴﺲ ﻛﺎﺭﻫﺎ ﻟﻠﻤﺎﻝ،  ﻭﻟﻜﻨﻬﻢ .... ﺃﻗﻮﻳﺎﺀ ﻓﻲ ﻣﻮﺍﺟﻬﺔ " ﺃﻫﻮﺍﺀ  ﺃﻧﻔﺴﻬﻢ " !!
ﻓﻜﻦ ﻣﻤﻦ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻴﻬﻢ :
( ﻭﺃﻣﺎ ﻣﻦ ﺧﺎﻑ ﻣﻘﺎﻡ ﺭﺑﻪ ﻭﻧﻬﻰ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻋﻦ ﺍﻟﻬﻮﻯ * ﻓﺈﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻫﻲ ﺍﻟﻤﺄﻭﻯ )

ﺍﺣﺘﺮﺍﻣﻚ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﻻ ﻳﻌﻨﻲ ﺃﻧﻚ ﺑﺤﺎﺟﻪ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﻟﻜﻨﻪ ﻣﺒﺪﺃ ﺗﺘﻌﻠﻤﻪ ﻣﻦ ﺩﻳﻨﻚ ﻭﺗﺮﺑﻴﺘﻚ، ﺇﺣﺘﺮﻡ ﺗُﺤﺘَﺮﻡ   ﻓﻜﻦ ﺛﺮﻳًﺎ ﺑﺄﺧﻼﻗﻚ، ﻏﻨﻴًﺎ ﺑﻘﻨﺎﻋﺎﺗﻚ '' ﻛﺒﻴﺮﺍً ﺑﺘﻮﺍﺿﻌﻚ  ﻻ ﺗﻨﻈﺮ ﻟﻤﻦ ﻳﺘﻜﻠﻢ ﻋﻠﻴﻚ ﻣﻦ ﺧﻠﻔﻚ ﻻﻧﻪ ﻓﻲ ﺍﻻﺻﻞ ﻫﻮ ﺧﻠﻔﻚ

Hormatilah Orang Lain, Engkau Akan Dihormati

Betapa banyak cintanya monyet jantan. Betapa sedikit cintanya singa jantan. 
Suatu soren sepasang suami istri pergi berdua ke kebun binatang.  Mereka mendapatkan sepasang monyet sedang bermesraan. Sang istri berkata," How romantic ." "Sungguh cinta mereka sangat romantis sekali." Percintaan yang sangat indah.
Ketika mereka sampai di kandang singa, maka mereka mendapatkan  singa jantan hanya duduk diam sendiri. Sementara singa betina tiduran agak  jauh dari singa  jantan.  Maka si istri berkata," Ini kisah cinta yang tidak romantis sama sekali. Bahkan cenderung dingin."
Maka sang suami menyuruh istrinya untuk melemparkan botol ke si betina. Ketika si istri melempar singa betina, maka singa jantan meloncat dan mengaum keras untuk membela  betinanya. Sedangkan ketika monyet betina di lempar botol, si monyet  jantan lagi tunggang langgang meninggalkan betinanya untuk menyelamatkan diri dari botol.
 Maka sang suami berkata kepada istrinya: " Jangan kamu tertipu dengan apa yang diperlihatkan orang di depan mu. di sana ada orang yang menipu manipu orang lain dengan  perasaan palsunya. Namun di sana ada orng yang menjaga perasaannya dalam, padahal di sanubarinya perasaan suci yang menggelora."
Orang yang agamis, bukan tidak punya nafsu. Begitu  juga wanita yang menaga auratnya bukan berarti tidak tahu model. Orang yang dermawan bukan berarti tidak suka dengan harta. Tapi mereka kuat mampu mengatur nafsu mereka. Mereka ini seperti yang disebutkan oleh Allah swt dalam firman-Nya:
 
 ﻭﺃﻣﺎ ﻣﻦ ﺧﺎﻑ ﻣﻘﺎﻡ ﺭﺑﻪ ﻭﻧﻬﻰ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻋﻦ ﺍﻟﻬﻮﻯ * ﻓﺈﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻫﻲ ﺍﻟﻤﺄﻭﻯ
Sedangkan orang yang takut kepada Allah swt Tuhan nya, dan mengawal nafsunya, maka  sesungguhnya bagi mereka surga sebagai tempat kembali. 

Penghormatanmu kepada orang lain, bukan karena kamu perlu kepada mereka. Penghormatanmu kepada orang lain karena kalian paham bahwa agama mengajarkan kepada anda dan pendidikan agama yang anda terima. 
Hormatilah orang lain, niscaya akan dihormati orang.
Jadilah orang yang kaya dengan akhlaq anda.
Jadilah orang kaya dengan qonaah anda
Jadilah orang besar dengan tawadzu anda
Janganlah anda memandang orang yang meremehkan anda telah menghinakan anda. Sadarilah bahwa orang yang memandang anda hina - padahal - anda sudah berusaha  berakhlak baik sebenarnya ia adalah orang hina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar