Sabtu, 05 Desember 2015

Tadabbur- Q.S Al Qomar 9 - 27

Oleh: Ust. Nashrum Minallah 

Sebelumnya, umat-umat dahulu pun sudah diperingatkan tentang adanya hari kiamat yang setiap manusia akan dibalas sesuai amal ibadahnya. Akan tetapi banyak dari mereka yang mendustakannya dan menuduh para utusan Allah/para Nabi tersebut sebagai orang gila dan diancam mau dibunuh. Diantara kisah-kisah kaum yang dibinasakan oleh Allah karena keingkarannya adalah:
- Kaum Nabi Nuh as. diadzab oleh Allah karena keingkarannya dengan air bah (banjir); Allah bukakan pintu-pintu langit, hujan lebat terus menerus, bumi memancarkan sumber air dari segala penjuru, sehingga bumi diselimuti oleh lautan air yang dahsyat. Tenggelamlah seluruh penduduk bumi, kecuali Nabi Nuh as. bersama pengikutnya yang beriman, Allah selamatkan pada sebuah kapal yang penuh dengan muatan (ada bermacam-macam hewan yang berpasang-pasangan yang ikut serta).
- Kaum Aad, karena keingkarannya, Allah kirim angin yang keras/badai terus-menerus, melemparkan dan membanting setiap orang yang dilaluinya hingga mati bergelimpangan seperti batang kurma yang tumbang.
Begitulah adzab Allah datang setelah mereka mendustakan peringatan Allah dan RasulNya. Demikian juga pada al Quran, Allah mudahkan mempelajarinya, adakah yang mau memikirkannya?
- Kaum Tsamud, mereka sombong terhadap Nabi Shaleh as. dan mendustakan risalahnya. Maka Allah uji mereka dengan seekor nota betina. Allah menyuruh Nabi Shaleh as. untuk menunggu dan sabar atas kejahilan umatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar