Sabtu, 05 Desember 2015

Tadabbur QS Ar Rahman 1-16

Oleh : Ust. Nashrum Minallah

Allah menyebut salah satu sifatNya; Yang Maha Pemurah, dan hendak membuktikan kepemurahanNya kepada makhlukNya hidup di dunia ini, agar mereka mensyukuri nikmat-nikmat Allah dan jangan sekali-kali mendustakannya, karena sudah tidak ada lagi yang dapat diingkarinya. Semua telah jelas dan terpampang didepan mata.

Ayat 2 - 13 diantara nikmat-nikmat Allah itu adalah:
- Mengajarkan Al Quran melalui Nabi Muhammad saw. sebagai panduan hidup yang lurus untuk meraih kebahagian di dunia dan akhirat.
- Menciptakan manusia dengan dibekali akal dan panca indera sehingga pandai dalam berbuat dan berbicara.
- Menciptakan matahari, bulan, bintang, pepohonan dan makhluk-makhluk lainnya; semua tunduk dan patuh mengikuti sistem Allah bergerak pada posisinya masing-masing. Allah letakkan neraca kehidupan (hukum alam/sunnatulloh) agar terjaga keseimbangan kehidupan dipermukaan bumi ini. Maka jangan melampaui batas  melanggar sistem Allah dan hendaklah menjadi orang-orang yang menegakkan keadilan dan menyempurnakan takaran.
- Allah tebarkan dipermukaan bumi dengan beraneka macam makhluk hidup, tumbuhan, pepohonan, biji-bijian, baik yang berkulit maupun yang mengeluarkan aroma. Maka nikmat Allah mana yang engkau dustakan?.

Ayat 14 - 16 Allah ciptakan manusia dari tanah, sedang jin dari nyala api. Nikmat Allah mana lagi yang engkau dustakan?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar