Jumat, 13 November 2015

Energi Positif Saling Mengisi

Anda kenal Habiburrahman Syaerozy?
Penulis sastra Islami yang terkenal itu lho. Penulis produktif berlatar belakang NU yang kental. Seorang pengagum Kyai Sahal Mahfudz dan Kyai Musthafa Bisri. Dia juga mengagumi keulamaan Kyai Maimun Zuber Sarang.

Saya yakin anda pasti kenal Habib. Di bawah ini salah satu coretan habib. Pendek, padat,  menarik.  Sayang bila dilewatkan:

Budaya yg baik bisa dimulai dari kata-kata yg baik. Kata-kata yg baik bisa merangsang tumbuhnya budaya yg baik. Rasulullah membahasakan, "Inna fil bayani lasihran". Artinya, sungguh dalam bayan (susunan kata yg baik) ada sihirnya. Maka budayawan mesti memperhatikan kata-katanya.

Berikut ini contoh kisah "bayan" yg melahirkan kebaikan yg dahsyat. Meskipun contohnya bukan dari orang muslim , tapi hikmat dari mana saja boleh kita ambil.

Perkataan Yg Membangun

Pada suatu hari Thomas Alva Edison pulang ke rumah & memberikan sepucuk surat kpd mamanya. Ia berkata: "Guru saya memberikan surat ini pada saya & berpesan agar surat ini hanya diberikan pd mama."

Membaca surat itu, dgn airmata berlinang sang ibu membacakan surat tsb sehingga Edison mendengarnya : "Anak kamu terlalu jenius. Sekolah ini terlalu sederhana & tdk cukup guru yg baik utk melatih dia. Ajarlah dia secara langsung."

Tahun demi tahun berlalu, mamanya Thomas A. Edison pun sdh meninggal. Ia skrg menjadi penemu terhebat sepanjang sejarah.

Suatu ketika dia menemukan surat yg dulu dikirim oleh gurunya di laci meja mamanya. Dia membuka dan membacanya: "Anak kamu punya masalah kejiwaan. Kami tdk mengizinkan lagi dia utk datang ke sekolah ini selamanya."

Edison menangis berjam2 & menulis ini di buku hariannya: "Thomas Alva Edison adalah anak gila yg oleh karena perkataan yg membangun dari se-org pahlawan yaitu mamanya, mengubah Thomas menjadi manusia yg paling jenius sepanjang abad."

Perkataan yg buruk merusak moral & mental sese-org. Perkataan yg baik dpt memotivasi org utk menjadi yg terbaik.

"Try to make at least one person happy everyday. If you cannot do a kind deed, speak a kind word. If you cannot speak a kind word, think a kind thought. Count up, if you can, the treasure of happiness that you would dispense in a week, in a year, in a lifetime!"
(Lawrence G. Lovasik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar