Jumat, 22 Februari 2019

Cara Menanam Sengon Yang Baik Dan Benar

Hasil panen yang baik adalah  yang diinginkan oleh semua orang. Tidak terkecuali petani Pohon Sengon.  Mereka juga  menginginkan hasil panen yang baik. Namun  hasil panen yang baik ini tidak serta merta didapatkan saat memanen,  namun  hasil panen yang baik ini bisa diraih bila seorang petani bila terpenuhi  3 unsur:
1. Pengetahuan Yang  Baik tentang menanam.
2. Pengalaman, sehingga diperlukan pengalaman yang cukup untuk bisa menanam
3. Taqdir  yang digariskan oleh Allah swt. 
Ketiga  hal tersebut penting untuk disadari, karena kebanyakan  orang menginginkan hasil yang cepat, instan dan  sesuai dengan yang ia inginkan. Sehingga mengabaikan 3 hal yang dijelaskan di atas. Tatkala tidak sesuai yang ia inginkan menjadi stress, putus asa, dan berhenti usaha. 
Hasil yang baik  dalam panen pohon Sengon ini  dimulai sejak awal, yaitu sejak penanamannya. 
Berikut langkah-langkah  cara menanam Sengon yang  BAIK dan BENAR menurut " https://bibitbunga.com "


1. Menyiapkan Bibit Sengon
Menyemai biji sengon pada polybag kecil. Satu polybag diberi satu biji sengon.  Menyemai biji sengon pada polybag kecil. Satu polybag diberi satu biji sengon.  Untuk menanam pohon sengon ini memang dibutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran. Didalam tehnik pembudidayaan pohon sengon menggunakan biji diperlukan jumlah biji yang dapat disesuaikan dengan luas lahan yang digunakan. Agar nantinya biji lebih cepat berkecambah maka anda harus merendam benih atau biji sengon tersebut pada air mendidih dalam waktu 15 – 30 menit. Jika sudah maka dinginkan selama 1 hari didalam air dingin. 

Catatan Penting: 
Pemilihan  jenis Pohon Sengon yang akan ditanam sangat penting dan harus disadari dari awal. Bukan asal Pohon Sengon. 

2. Lokasi Yang Tepat Untuk Sengon
Gunakan lokasi yang darat serta mempunyai sumber air yang sangat terjangkau. Anda juga harus memastikan bahwa kondisi tanah pada lahan tersebut sangat subur serta terbebas dari kandungan tanah liat. Usahakan untuk memilih lahan yang lokasinya dengan dengan jalan angkut, hal ini agar memudahkan akses jalan pada saat proses pengangkutan di masa panen nanti.

3. Mempersiapkan Lahan SengonPersiapkan lahan tanam terlebih dahulu, yaitu :

Pertama : Bersihkan lahan agar terbebas dari gangguan yang dapat menghambat pertumbuhan pohon sengon seperti rumput atau hama dan lain sebagainya. 
Kedua : Gemburkan lahan dengan cara membajak atau juga mencangkul, agar struktur tanah menjadi lebih baik.


4. Proses Penanaman Sengon
a. Membuat ajir tanam dengan memanfaatkan bambu atau juga kayu. Ukurannya Panjang  1m, Lebar 1 cm.  Ajir ini nantinya berfungsi untuk memudahkan proses penanaman bibit sengon jadi tidak perlu lagi  mencari lokasi peletakkan bibit karena sudah diberi tanda atau ajir terlebih dahulu. 

b. Buatlah lubang dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm.  Letakkkan dalam lubang yang sudah di buat pupuk kandang yang sudah diprementasikan. Tambahan dari http://infoagrobisnis.com
c. Pindahkan biji dari tempat persemaian ke tempat penampungan bibit yang kemudian dipindah lagi pada tempat penanaman sengon. Cara pemindahan ini harus dilakukan dengan sangat hati hati agar tidak terjadi kerusakan pada bibit sengon.

5. Proses Perawatan Sengon

Perawatan pada pohon sengon harus terus dilakukan agar dapat tumbuh maksimal dan menghasilkan kayu sengon yang berkualitas, proses perawatan yang baik dan benar, yaitu  penyulaman, penyiangan, pemangkasan, pendangiran, dan penjarangan.

* Penyulaman adalah proses mengganti tanaman sengon yang kondisinya lemah atau bahkan mati dengan tanaman sengon yang sehat. 
* Penyiangan adalah proses pembasmian tanaman yang berada disekitar sengon agar tidak menghambat tumbuh kembangnya. 
*  Pemangkasan  yaitu memotong bagian cabang sengon yang tidak lagi berfungsi. 
* Pendangiran adalah proses penggemburan tanah agar struktur tanah kembali baik. 
* Dan yang terakhir adalah penjarangan yaitu penebangan pohon sengon untuk menambah ruang.

6. Proses Panen Sengon
Pohon sengon anda sudah dapat dipanen ketika usianya sudah mencapai 5 – 7 tahun. Pada usia yang sudah mencapai 7 tahun tersebut, kayu sengon sudah dapat digunakan untuk menjadi alat pertukangan serta diolah menjadi kertas. 

Proses penebangan sengon juga dapat dilakukan dengan menggunakan 3 tehnik yaitu : 
a. tehnik takik balik, 
b. tehnik arah rebah, 
c. dan tehnik takik rebah.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari cara menanam sengon yang baik dan benar. 

Jangan lupa   niat yang ikhlas, kerja keras, tekun, ulet, sabar, doa dan tawakkal.  Semoga kesuksesan dan keberkahan senantiasa menyertai anda. Amin


Sumber Informasi : 
https://bibitbunga.com/cara-menanam-sengon-yang-baik-dan-benar/


-----------&&&&&&&&&------------




Donasi Kemanusiaan Anda
➤➤ ➤➤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar