Senin, 25 Februari 2019

Pengertian Akhlak

Sering kali kita mendengar kata " AKHLAQ" dalam percakapan kita sehari-hari. Mungkin sudah banyak yang tahu maksud  dan pengertian akhlaq, karena memang bukan hal yang aneh di tengah masyarakat kita. Namun tidak ada salahnya bila kita mengenal sedikit tentang apa itu Akhlaq. 

Kata “akhlak” berasal dari bahasa arab yaitu ” الخلق ” yang berarti tabiat, perangai, tingkah laku, kebiasaan, kelakuan. 
Dalam KBBI, akhlak berarti budi pekerti atau kelakuan.

Menurut istilahnya, Imam Ibnu Maskawaih dan Imam Ghozali yang sangat konsen dalam masalah akhlaq mendefinisikan, " Akhlaq  adalah  sifat yang tertanam / terpatri kuat  di dalam diri seorang manusia yang bisa mendorong  orang tersebut untuk melakukan sesuatu dengan senang dan mudah tanpa adanya suatu pemikiran yang panjang dan paksaan. 

Jadi akhlaq pada  adalah sikap yang melekat pada diri seseorang secara spontan diwujudkan dalam tingkah laku atau perbuatan. Apabila perbuatan spontan itu baik menurut akal dan agama, maka tindakan itu disebut akhlak yang baik atau akhlakul karimah. Sebaliknya apabila buruk disebut akhlak yang buruk atau akhlakul mazmumah. Baik dan buruk akhlak didasarkan kepada sumber nilai, yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.
 

Dalam Al-Qur’an surat Al-Qolam ayat 4 dikatakan bahwa “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) berada diatas budi pekerti yang agung”. 
Dan dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda “Aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” (Hadits riwayat Ahmad).
Jadi ukuran akhlaq  baik dan buruknya berdasarkan Al Aquran dan sunnah Rasulullah saw.  Manusia muslim akan bahagia, ketika ia bisa hidup dengan berakhlaq mulia. 



========@@@@@@@@@========= 





Donasi Kemanusiaan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar