Kamis, 28 Februari 2019

Pemupukan Sengon Dengan Produk Nasa

Pemupukan  tanaman Sengon adalah untuk mengoptimalkan  produksi. Satu hal yang penting yang harus dilakukan oleh seorang petani Sengon. Nasa adalah salah satu pupuk organik yang banyak dipakai oleh para petani Sengon.  http://mitranasa.com menjelaskan seperti berikut: 

Pupuk organik NASA adalah pupuk organik yang terbuat dari 100% bahan organik di mana ketersediaannya sangat melimpah di Indonesia. Harga pupuk organik NASA ini juga relatif terjangkau dan mampu mengurangi pemakaian pupuk kimia (NPK) hingga 50 % atau lebih. Kandungan senyawa polifenol pada pupuk organik NASA juga sangat membantu meningkatkan daya tahan tanaman sengon terhadap serangan hama dan penyakit. Pupuk organik NASA juga sangat aman bagi manusia, lingkungan, hewan ternak dan telah banyak terbukti hasilnya. Pupuk organik NASA ini sangat direkomendasikan secara nasional bagi para penggiat budidaya pohon sengon untuk membantu peningkatan kualitas sengon di Indonesia. 
Pupuk organik NASA yang digunakan untuk mendukung sekaligus membantu mempercepat budidaya pohon sengon di antaranya: 
* Pupuk Organik Padat SUPERNASA, 
* Pupuk Organik Cair NASA ( POC NASA ), dan
*  HORMONIK. 

 Pupuk Organik Padat SUPERNASA adalah formula alami (organik) khusus untuk memperbaiki kerusakan tanah secara fisik (menggemburkan), secara khemis (menyediakan semua unsur hara essensial bagi tanaman) dan secara biologis (membantu perkembangan mikroorganisme tanah bermanfaat bagi tanaman). Pupuk Organik Padat SUPERNASA digunakan sebagai pupuk dasar atau penyiraman tanaman. 

Fungsi Utama Pupuk Organik SUPERNASA :     Ditujukan terutama untuk mengurangi pupuk NPK (50% dari dosis rekomendasi setempat) sehingga terjadi keseimbangan antara penggunaan pupuk kimia dan pupuk organik.     Ditujukan untuk memperbaiki lahan-lahan yang rusak karena pupuk organik padat SUPERNASA memiliki kandungan Humat dan Fulvat yang berangsur-angsur akan memperbaiki konsistensi (kegemburan) tanah yang keras dan membantu perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman seperti cacing, mikroba alami setempat dl.     Dapat digunakan untuk semua jenis tanaman, baik tanaman pangan (padi, palawija dll), seperti (sayuran, buah, bunga) dan tanaman tahunan (coklat, kelapa sawit, karet), serta tanaman kehutanan seperti (pohon sengon, jati, gaharu dll). Pupuk organik padat SUPERNASA mempunyai kandungan lengkap unsur haranutrisi makro dan mikro bagi tanaman.     Kandungan Hormon/Zat pengatur tumbuh (Auxin,Giberelin dan Sitokinin) akan mempercepat perkecambahan biji, pertumbuhan akar, fase vegetatif/pertumbuhan tanaman serta memperbanyak dan mengurangi kerontokan bunga dan buah.     Memacu perbanyakan pembentukan senyawa polyfenol untuk meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit.     Dapat melarutkan SP-36 dengan cepat. 

Pemupukan Tanaman Sengon 
Pemupukan dilakukan dengan menggunakan larutan “gir”. Adapun pembuatan larutan “gir” adalah sebagai berikut :     
* Siapkan drum bekas dan separuh volumenya diisi pupuk kandang.     
* Tambahkan air sampai volumenya ¾ bagian.     
* Tambahkan 15 kg TSP, lalu diaduk rata.     
* Tambahkan 500 gr pupuk SUPERNASA.     
* Biarkan selama seminggu dan setelah itu digunakan untuk pemupukan.     

Dosis pemupukan sebanyak 2 sendok makan per 2 minggu, pada umur 6 bulan, ketika tingginya 70 – 125 cm, bibit siap dipindahkan ke kebun.


Sumber:
http://mitranasa.com/aplikasi-produk-nasa-tanaman-sengon/


========*********=========





Donasi Kemanusiaan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar