Sabtu, 09 Februari 2019

Mengenal Pohon Sengon

Saat ini saya sedang tertarik dengan "Pohon Sengon". Apa itu pohon Sengon? Maa pohon Sengon? Wa maa adrooka  maa pohon Sengon ?
Sengon (Albizia chinensis) adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon peneduh dan penghasil kayu ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Cina selatan, dan Indonesia.

Nama-Nama Pohon Sengon
Pohon Sengon ini bisa tumbuh di banyak tempat. Baik di Indonesia maupun di luar Indonesia.  Sehingga sebutan atau  nama untuk pohon ini sangat banyak, sesuai dengan pemilik bahasa nya. 

Di beberapa daerah, pohon ini dikenal sebagai : 
Di Jawa  séngon, singon, sengon jåwå .
Di Sunda  jeungjing, jeungjing sunda. 
Di Sumba  marĕwita, keura. 
Di Madura  séngghung. 
Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai silk tree, Chinese albizia. 
Di Kamboja  dinamai kōōl.  
Di Laos disebut  kha:ng. 
Di Thailand mereka menyebutnya  khang hung, kang luang. 
Di Vietnam  mereka menamainya  cham (Vietnam). 
 dan lain sebagainya, tapi semuanya sebenarnya  semua itu sebutan untuk pohon yang sama. 


Nilai Pohon Sengon 
Tanaman sengon atau biasa dikenal dengan istilah albasia merupakan salah satu jenis tanaman yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Tanaman yang memiliki nama Latin Albazia Falcataria, banyak dicari karena memiliki harga jual yang cukup tinggi. Bagian terpenting yang mempunyai nilai ekonomi pada tanaman sengon adalah bagian kayunya. Bagian kayu pohon sengon dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan seperti uuntuk tiang bangunan rumah, papan peti kemas, peti kas, perabotan rumah tangga, pagar, tangkai dan kotak korek api, pulp, kertas dan lain-lainnya. selain itu daun pohon sengon juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Pohon Albasia atau yang lebih sering dikenal dengan sengon ini mampu tumbuh mencapai tinggi sekitar 30 sampai 45 meter dengan diameter batang sekitar 70 sampai 80 cm. pohon sengon yang sudah besar memiliki bentuk batang yang bulat dan tidak berbanir. Kulit luar pohon sengon berwarna putih atau kelabu, tidak beralur dan tidak mengelupas. Tanaman yang satu ini memiliki akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggangnya dapat tumbuh menancap tanah cukup kuat. Sedangkan akar serabutnya tergolong tidak terlalu banyak. Selain itu, berat jenis pohon kayu sengon memiliki rata-rata 0,33 dan tergolong ke dalam kelas awet IV sampai V.

Sumber
https://www.jualbenihmurah.com




Donasi Kemanusiaan Anda KLIK DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar