Senin, 25 Februari 2019

Cara Pemupukan Sengon

 Pemupukan juga sangat penting dalam pananaman pohon Sengon,  pohon yang besar, baik dan berkwalitas memerlukan pupuk. Oleh karena itu, seorang petani Sengon harus tahu bagaimana cara memupuk yang baik dan benar.  Pemupukan itu meliputi   * :

1. Pupuk Dasar
Pupuk dasar adalah pupuk yang digunakan  peratama kali dimasukkan ke lobang tanam sebelum  pohon Sengon di tanam.  Waktu pemupukannya adalah satu pekan sebelum  pohon sengon di tanam.  Untuk pupuk dasar ini: 
a.  Gunakan pupuk kandang 1-2 kg per lubang tanam.
b. Gunakan pupuk NPK / Phonska sebanyak 30 gram per lubang tanam.

2. Pemupukan Usia 1 tahun

Sampai tanaman berumur 1 tahun, pemupukan dilakukan 2 bulan sekali menggunakan pupuk NPK / Phonska dengan dosis 30 gram per tanaman. Pupuk diberikan dalam lubang melingkari batang pada batas terluar tajuk, lalu ditutup tanah kembali.

3. Pemupukan Usia 2 Tahun
Saat sengon berumur 2 tahun, pemupukan dilakukan setiap 4 bulan sekali dengan pupuk NPK / Phonska dengan takaran dosis 50 gram per tanaman. 

Pupuk diberikan dalam lubang melingkari batang dengan jarak 1,5 m dari pangkal batang, lalu ditutup tanah kembali.

4. Pemupukan Usia 3 Tahun

Setelah sengon berumur 3 tahun, pemupukan NPK / Phonska dilakukan setiap 6 bulan sekali dengan dosis 100 gram per tanaman.

5. Pemupukan Usia Lebih Dari 3 Tahun

Setelah berumur lebih dari 3 tahun, pemupukan NPK / Phonska dilakukan cukup 1 tahun sekali dengan takaran dosis 200 gram / tanaman.

Pupuk Yang Baik 

Sebagai pengetahuan  tambahan  pupuk yang baik untuk pohon sengon adalah :

A. Pupuk kandang
Pupuk kandang atau pupuk kompos ini merupakan pupuk yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pupuk kompos ini merupakan pupuk dari sisa-sisa pembusukan tanaman atau jerami padi, sisa-sisa sampah organik dari sayuran ataupun buah-buahan yang difermentasikan yang berubah menjadi kompos atau pupuk organik yang juga dapat dicampurkan dengan pupuk kandang.
Selain itu, pupuk kandang juga memiliki peran yang penting dalam memberikan laju pertumbuhan tanaman sengon. Pupuk kandang yang sangat direkomendasikan adalah pupuk dari kotoran hewan ternak peliharaan seperti pupuk kotoran ayam, itik, sapi, kerbau, dan kambing.
 

B. Pupuk NPK / Phonska
Pupuk Phonska atau pupuk majemuk NPK yang terdiri dari beberapa unsur hara makro, yaitu Nitrogen, Phospor, Kalium, dan Sulfur. Perlu sahabat pembaca ketahui, bahwa pupuk NPK / Phonska mulai diproduksi pada awal tahun 2000 dan resmi dipasarkan ke seluruh Indonesia pada bulan Agustus tahun 2000. 

Persentase kandungan pupuk NPK / Phonska yaitu :
    Nitrogen 15%
    Phosphat 15%
    Kalium 15%
    Sulfur 10%
    Kadar air 2%
 

Manfaat pupuk NPK / Phonska, yaitu :
a.  Memacu pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman
b. Menguatkan batang tanaman
c. Memacu pertumbuhan akar tanaman
d. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit
e. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan


C. Pupuk  Organis
Salah satu pupuk organik untuk pohon Sengon adalah produk dari  Natural Nusantara atau NASA.  Pupuk organik Nasa terbuat dari 100% bahan organik di mana ketersediaannya sangat melimpah di Indonesia. Harga pupuk organik Nasa ini juga relatif terjangkau dan mampu mengurangi pemakaian pupuk kimia (NPK) hingga 50 % atau lebih.
Kandungan senyawa polifenol pada pupuk organik Nasa juga sangat membantu meningkatkan daya tahan tanaman sengon terhadap serangan hama dan penyakit. Selain itu pupuk organik Nasa juga sangat aman bagi manusia, lingkungan, hewan ternak dan telah banyak terbukti hasilnya. Pupuk organik Nasa ini sangat direkomendasikan secara nasional bagi para penggiat budidaya pohon sengon untuk membantu peningkatan kualitas sengon di Indonesia.

Pupuk organik Nasa yang digunakan untuk mendukung sekaligus membantu mempercepat budidaya pohon sengon di antaranya:
a. Supernasa 250 gr = Pupuk penyubur tanah, Rp.60.000,-

b. POC Nasa 500 cc = Pupuk daun / nutrisi organic. Rp.48.000,-c. Hormon Organik (Hormonik) 100 cc = Zat perangsang tumbuh Rp.39.000,-


Sumber:
* https://www.nuansa.web.id/perkebunan/cara-pemupukan-sengon/
* http://www.produknaturalnusantara.com/jual-pupuk-organik-nasa-untuk-sengonatau-albasia/

========********========

Donasi Kemanusiaan Anda: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar