Minggu, 28 Februari 2010

Kesehatan: DBD, Gawat Jika Ada Penyakit Lain

Demam Berdarah, hmmm, sudah sering mendengar kan? Bahkan ada yang sudah merasakan. Sekilas gejalanya mirip dengan typuth dan malaria. Namun setelah dicek darah, baru ketahuan, ternyata Demam Berdarah. Sebenarnya bila diketahui dini, penyakit DBD ini tidak begitu gawat, namun bila diketahuinya terlambat, luar biasa menegangkan. Nyawa bisa melayang. Kondisi ini akan lebih parah lagi bila pendeerita DBD menderita penyakit lain, seperti diabetes dan lain sebagainya. Nah, berikut ini ada tulisan di kompas.com - Minggu, 28 Februari 2010, yang sedikit menginformasikan kepada kita tentang DBD dan penyakit lain ini. Saya kutipkan berikut ini:


DBD, Gawat Jika Ada Penyakit Lain

Jika seseorang memiliki penyakit serius seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan lainnya, secara umum kondisinya bisa makin memburuk saat terkena DBD.
Tubuh pasien sudah pasti lebih lemah dibandingkan dengan orang yang tidak mengidap penyakit lainnya. Apalagi infeksi DBD juga memicu gula darah meningkat dan membuat komplikasi makin parah.
Yang perlu diwaspadai adalah cairan dalam tubuh akan semakin cepat berkurang sehingga bisa mengakibatkan turunnya jumlah trombosit secara drastis.
Ketika tubuh membutuhkan cairan, harus hati-hati dalam pemberian cairan. Pasalnya, daya tahan tubuh penderita, diabetesi khususnya, gampang lemah dan pemberian cairan infus yang mengandung gula bisa menaikkan kadar gula darahnya.
Tetap perlu kajian medis mendalam untuk penatalaksanaanya. Lebih-lebih jika sudah terjadi komplikasi ke ginjal, hati, dan tekanan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar