Selasa, 19 Mei 2015

Abdullah bin Mas’ud

Namanya Abdullah bin Mas’ud bin Ghofil bin habib al Hudzaly. Ibunya Umm Abd dari suku Hudzail juga.
Ibnu Mas’ud merupakan salah satu dari  sahabat yang lebih dahulu masuk islam.  Dikisahkan bahwa ia  orang yang keenam masuk Islam.  Ia adalah orang yang pertama kali membaca al Quran terang-terangan  di hadapan orang-orang kafir Quraisy di Makkah.  Ia ikut Hijrah ke habasyah, kemudian hijrah ke madinah.  Ia ikut ghozwah Rasulullah saw dalam perang Badar, Bai’aturridhwan dan semua pertempuran yang diikuti oleh Rasulullah saw.
Sepeninggal Rasulullah saw ia ikut dalam perang Yarmuk. Rasulullah saw sangat mencintai  Abdullah bin Mas’ud dan menghormatinya.  Ia adalah pembantu Rasulullah saw yang dipercaya.  Dan pembawa rahasia Rasulullah saw, yang setia menemani Rasulullah saw dalam perjalanan  ketika tidak dalam perjalanan.  Setiap saat ia bisa menemui Rasulullah saw dan  berjalan bersamanya saw.  Ia selalu memmbawa siwak Rasulullah saw, sandalnya dan air bersucinya.
Ia salah satu dari ulama besar para sahabat Rasulullah saw.  Dan salah seorang yang hafal Al Quran.  Rasulullah saw member sifat kepadanya dalam sabdanya:
إنك غلام معلم
Sesungguhnya engkau adalah anak muda yang terpelajar
Suatu saat Umat bin Khothob melihat kepadanya dan berkata:
وعاء مليء علما
Tempat yang penuh dengan ilmu.
Ia meriwayatkan  848 hadist.
Sepeninggal Rasulullah saw ia ditugaskan untuk menjaga baitul mal di Kufah. Kemudian datang ke Madinah di masa Usman bin Affan.  Dan meninggal dunia di Madinah pada tahun  30 H dalam usia 60 tahun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar