Rabu, 27 Mei 2015

Jawaban BEM UI Dan Rencana Aksi Mei 2015

Pada perngatan hari kebangkitan nasional 20 Mei 2015 BEM Universitas seluruh Indonesia telah memutuskan untuk turun ke jalan sebagai protes kepada Presiden Jokowi dan pemerintahan nya yang di anggap tidak mampu melaksanakan amanah institusi. Berikut penjelasan Ketua BEM UI :

Kita boleh berbeda pendapat. Itu sah di alam demokrasi. Tapi ijinkan saya share bagaimana paradigma yang saya pakai dalam kehadiran saya bertemu dengan Presiden.
Bagi saya, aksi dan perlawanan itu tidak boleh dibatasi hanya dengan turun ke jalan. Hadirnya saya ke forum dengan presiden juga saya niatkan sebagai bagian dari aksi dan advokasi mahasiswa untuk menyampaikan langsung apa yang menjadi keresahan masyarakat.
Saya pastikan bahwa apa yang saya lakukan adalah tetap dalam koridor gerakan moral dan intelektual. Ini hanya masalah pilihan gerakan (choice of movement) apa yang mau kita gunakan. Bertemu langsung kah? Atau terus menerus berada di jalanan?
Pertemuan saya juga adalah bagian dari kesepakatan mahasiswa UI yang diwakili oleh BEM se UI, dalam forum Sospolnet. Beberapa waktu lalu saya dengan tegas menolak undangan wantimpres karena bagi kami wantimpres tidak memiliki signifikansi dan  pengaruh apapun. Kami hanya ingin bertemu dengan Presiden karena beliaulah yang paling strategis yang harus ditemui. Oleh karenanya, ketika peluang bertemu dengan Presiden ini hadir, saya katakan, "Ya, Bismillah. saya akan hadir".
Saya lbh ikhlas dicaci mahasiswa se Indonesia dibandingkan saya menyianyiakan kesempatan ketemu presiden sebagai pembuat kebijakan langsung, yang bisa jadi pertemuan tsb berdampak pada 250 juta rakyat indonesia di luar sana. Lagi2 saya katakan, Mari kita kuatkan substansi daripada cara :)
Bagi kawan yang mengira kami yang hadir tergadaikan atau terbeli, coba lihat lagi definisi apa yang kawan pakai untuk menjudge kami? Tidak semurah itu idealisme kami dijual hanya dengan jamuan makan malam.
Besok, Kamis, 21 Mei 2015, Pukul 10.00 BEM UI akan bergabung dengan ribuan massa mahasiswa di depan Istana Negara. Saya sudah mendapatkan konfirmasi dari Kordinator Pusat BEM SI akan hadirnya ribuan massa di depan Istana esok. Saya undang seluruh rakyat yang masih peduli akan hadirnya kesejahteraan yang lebih baik, untuk hadir bersama kami mahasiswa.
(Hasil Pertemuan dengan Presiden dapat diakses di bem.ui.ac.id)
Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia!
Salam
Andi Aulia R-Ketua BEM UI
Itu jawaban ketua bem ui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar