Selasa, 19 Mei 2015

Abdullah bin Umar r.a.

Namanya Abdullah bin Umar r.a. , dia Abu Abdurrahman  Abdullah bin Umar bin Khothob  r.a. Sahabat Rasulullah saw yang berusaha ingin menyamakan perilakunya dengan Rasulullah saw.

Dilahirkan setelah Nabi Muhammad saw diutus. Dia masuk Islam saat usianya masih  kanak-kanak.  Ia berhijrah bersama ayah dan ibunya  Zainab binti Madz’un ke Madinah. 

 Ia menghadap Rasulullah saw saat perang Badar untuk turut serta dalam perang Badar, saat itu usianya   13 tahun.  Nabi Muhammad saw menolaknya, karena usianya yang masih terlalu belia.  Begitu juga saat perang uhud, saat usianya 14 tahun.  Ia diizinkan untuk turut serta berperang di saat terjadi perang Khondaq, saat itu usianya 15 tahun. Setelah itu ia mengikuti semua ghozwah Rasulullah saw. 

Karena mulazamahnya dengan Rasulullah saw di masjid nabawy, maka ia mendapatkan ilmu yang sangat banyak.  Ia adalah salah satu dari sahabat yang hafal Al Quran, dan sahabat yang banyak meriwayatkan hadist.

  Ia meriwayatkan dari Rasulullah saw  sebanyak 1630 Hadist.

Ia dikenal sangat berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah saw. Sahabat yang paling banyak mengikuti Rasulullah saw.  Kesaksian Rasulullah saw kepada Abdullah bin Umar:
عبد الله رجل صالح
Abdullah adalah laki-laki yang sholeh.

Ibnu Umar meninggal dunia  di makah tahun 73 H dalam usia 84 tahun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar