Selasa, 19 Mei 2015

Umar bin Khothob

Namanya Umar bin Khothob,  dia adalah amirul mukminin  Umar bin Khothob  Al Qurosyi Al Adawy. Kunyahnya Abu Hafsh.  Dia adalah kholifah yang kedua dari khulafaurrosyidin.
Ia adalah duta Quroisy di masa jahiliyah. Pada awal  kenabian Nabi Muhammad saw sangat keras memusuhi umat Islam.  Kemudian ia masuk Islam. Keislamannya merupakan kemenangan bagi umat Islam dan jalan keluar dari berbagai kesempitan. Abdullah bin mas’ud berkata,” kami tidak bisa sholat di ka’bah sampai masuk islamnya umar. “ 
Umar masuk Islam setelah masuk Islamnya  40 orang laki-laki dan 11 perempuan.  Yaitu pada tahun ke 6 kenabian. Ia pergi hijrah terang-terangan di depan mata  orang-orang Quraisy.  Ia mengikuti semua peperangan bersama Rasulullah saw.  Ia dibaiah menjadi kholifah setelah Abu Bakar As Shiddiq meninggal dunia.  Pada tahun 13 H dengan  pengangkatan dari Abu Bakar.
Pada masa khilafah umar berhasil ditaklukkan Syam, Iraq, Al Quds, al madain, Mesir, dan Jazirah Arab. Hingga dikatakan,” Pada masa kekuasaan Umar berhasil ditegakkan  12 ribu mimbar dalam Islam.
Ia terbunuh syahid pada tahun 23 H dengan tusukan dari Abu Lu’luah Al majusy di punggungnya saat  melaksanakan sholat Subuh.  Setelah ditikam ia sempat hidup 3 hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar